Minggu, 20 Januari 2013

Usaha Kecil Menengah



         Usaha Kecil dan Menengah atau yang dikenal dengan singkatan UKM saat ini  menjadi pilihan yang cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Minimnya lapangan kerja yang ditawarkan perusahaan dan banyaknya jumlah pengangguran membuat UKM begitu menjamur saat ini. Tidak dapat dipungkiri keberadaan UKM sanggup mengangkat dan mempercepat pertumbuhan perekonomian di Indonesia, serta mampu menyerap jumlah tenaga kerja dalam skala besar. Pembentukan UKM dirasa sangat efektif dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi pengangguran yang setiap tahun semakin meningkat saja jumlahnya, sehingga pemerintah begitu mendukung pembentukan UKM.
             
         Seiring berjalanya waktu saat ini UKM telah berkembang dengan pesat, selain itu semain banyaknya usaha kecil yang tumbuh membuat jenis-jenis UKM semakin berkembang dan beraneka ragam.  Walaupun sampai saat ini masih banyak para pebisnis UKM yang masih mengalami banyak kendala dalam usahanya, seperti masalah modal, jaringan pemasaran, promosi, dan hal lain yang menjadi penghambat kecil dalam membangun sebuah usaha tertentu. Namun UKM sebagai salah satu badan usaha yang melakukan kegiatan industri yang tahan banting dan menghiraukan adanya krisis global yang beberapa tahun lalu sempat menyumbangkan banyak perusahaan besar yang ada di negara kita. Ini menjadi bukti dan dapat menjadi motivasi bagi banyak masyarakat hingga pada akhirnya mereka menjatuhkan pilihan untuk mencari peluang usaha kecil dan menengah sebagai alternatif tepat untuk mencari keuntungan yang besar.

Ada bebrapa jenis UKM diantaranya adalah sebagai berikut:
      a.       Usaha Manufaktur
Usaha dibidang ini biasanya mengubah bahan baku menjadi produk yang dapat Anda tawarkan pada konsumen. Contohnya adalah konveksi yang menghasilkan pakaian jadi atau pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir dan sebagainya.

      b.      Usaha dagang
Deskripsi dari usaha ini adalah menjual produk kepada konsumen. Tentunya kita sering melihat usaha ini disekitar kita seperti dipasar. Misalnya orang-orang ynag menjual jajanan tradisional, pakaian, kelontong dan perlengkapan kebutuhan sehari-hari.

      c.       Usaha Jasa
adalah usaha yang menghasilkan atau memberikan jasa kepada konsumen, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing, searching, blogging atau yang lainnya.

            Ketiga jenis usaha di atas merupakan sebagian dari banyaknya jenis UKM yang dapat menghasilkan laba yang cukup tinggi. Namun dalam mendirikan suatu usaha pasti menimbulkan resiko salah satunya adalah persaingan. Peluang bisnis melalui usaha kecil menengah ini memang dibutuhkan kecerdasan untuk menciptakan berbagai inovasi produk agar bisa bersaing dengan usaha lain. Karena usaha ini merupakan milik perseorangan, tingkat kesuksesan usaha akan sangat dipengaruhi oleh kepiawaian pemilik usaha dalam hal manajerial. Meskipun terdapat kelemahan yang dihadapi peluang bisnis melalui UKM ini patut dipertimbangkan, karena dengan adanya UKM berarti semakin banyak pula lahir pengusaha sukses yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Jika masyarakat kecil khususnya masyarakat desa  semakin kreatif memanfaatkan dana yang dipinjamkan UKM untuk membangun usaha mereka maka hal ini dapat membantu memajukan perekonomian nasional karena perekonomian yang kuat berasal dari pondasi atau akar yang kuat yaitu melalui UKM.  Oleh karena itu Pemerintah harus terus mendukung berdirinya UKM karena usaha kevil dan menegah merupakan salah satu motor pertumbuhan yang dapat meningkatkan perekonomian nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar