Senin, 08 Oktober 2012

Peranan koperasi terhadap pembangunan ekonomi di indonesia


Koperasi adalah salah satu badan usaha yang landasannya berdasarkan atas asas kekeluargaan. Kegiatan yang dilakukan di dalamnya bukan mencari keuntungan untuk kepentingan perorangan atau individu tetapi untuk kepentingan bersama. Hal ini telah sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 1 yang menyatakan bahwa perekonomian di indonesia disusun sebagai usaha bersama atas dasar asas kekeluargaan.
Koperasi dapat menjadi badan usaha yang ampuh untuk mewujudkan pembangunan nasional, dengan adanya koperasi masalah kemiskinan dan pengangguran dapat diatasi. Karena koperasi melibatkan peran masyarakat di dalamnya maka pembangunan akan tumbuh dan terus berkembang sehingga pembangunan akan lebih merata. Sebagai suatu organisasi yang membantu menggerakan perekonomian rakyat koperasi harus mampu menjalankan kegiatannya dengan baik.

Beberapa kegiatan yang dilakukan di koperasi antara lain adalah: 
 1.  Simpan Pinjam Modal
Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin membuat usaha. Banyak masyarakat yang ingin mendirikan suatu usaha namun mereka tidak mempunyai modal. Dengan adanya koperasi mereka dapat meminjam dana disini tanpa ada bunga sehingga tidak terlalu membebani masyarakat kecil. Semakin banyak masyarakat yang mendirikan usaha maka akan banyak tercipta lapangan kerja dan dapat mengurangi pengangguran.
2.  Jual Beli Produk
Barang-barang yang dijual di koperasi harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan barang yang dijual di pasar atau toko-toko sehingga dapat mengurangi beban bagi masyarakat yang kurang mampu. Misalnya petani yang ingin membeli pupuk, karena harga pupuk di pasar atau toko mahal para petani tersebut dapat membeli di koperasi yang harganya jauh lebih murah.
3.  Produksi Barang
Adanya kerjasama para anggota koperasi membuat produsen kecil dan menegah mendapatkan masukan serta informasi bagaimana cara menghasilkan produk dengan mutu dan kualitas yang baik sehingga dapat meningkatkan nilai jual barang tersebut. Selain itu para prdusen dapat mempercayakan barang mereka pada koperasi untuk dijual belikan kembali pada masyarakat.
             
       Tujuan utama koperasi adalah untuk mengembangkan kesejahteraan anggota khususnya masyarakat. Laba bukan menjadi ukuran kesejahteraan anggota tetapi manfaat yang di dapat dari koperasi. Dengan sumbangan yang diperoleh dari para anggotannya maka manfaatnya juga akan diberikan untuk anggotannya. Koperasi akan memberikan pelayanan terbaik untuk anggotannya dan mengutamakan kepentingan anggota. Selain itu dengan menjadi anggota koperasi, akan didapat banyak pelajaran bagaimana cara berorganisasi dengan baik. 
Dengan adanya kegiatan-kegiatan dari koperasi yang bermanfaat, kerjasama dari para anggotanya dan adanya pengawasan yang baik maka koperasi akan mampu untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran yang terjadi saat ini. Semakin baik kerjasama yang dilakukan para anggotanya maka akan tercipta hasil yang baik pula karena sesuatu yang dilakukan secara gotong-royong atau bersama-sama akan lebih mudah diselesaikan. Dengan demikian akan terbentuk organisasi yang mandiri, kuat dan tangguh untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu para anggota berarti juga ikut secara aktif dalam membantu mewujudkan pembangunan perekonomian nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar