Senin, 08 Oktober 2012

Koperasi Unit Desa (KUD)


         Harga beras yang tidak stabil di pasaran membuat para petani merasa khawatir akan mengalami kerugian, ditambah lagi dengan musim kemarau yang panjang membuat produksi beras yang dihasilkan menjadi tidak menentu. Sementara itu pemerintah lebih memilih mengimpor beras untuk  mencukupi kebutuhan beras nasional. Untuk itu diperlukan suatu sarana untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya adalah Koperasi Unit Desa (KUD).
 Kehadiran Koperasi Unit Desa (KUD) dapat memberikan solusi terbaik bagi petani. KUD dapat membantu membeli beras petani pada saat panen raya maupun pada saat paceklik sehingga petani tidak mengalami kerugian. Selain itu KUD juga dapat menyediakan pupuk dan sarana lain yang dibutuhkan dalam produksi petani. Pada akhirnya petani akan mendapat keuntungan baik dari sisi penjualan beras dan gabah yang cukup memadai serta tersedianya sarana produksi pertanian dengan harga yang lebih murah. Tidak hanya menguntungkan bagi petani saja, namun kegiatan ini juga dapat meningkatkan keuangan KUD.
Namun pembangunan dan pengembangan KUD harus terus dilakukan karena belum semua KUD yang tersebar di setiap daerah melakukan kinerja secara maksimal. Peran masyarakat sangat dibutuhkan, bila kerjasama antara masyarakat desa dan KUD di daerah tersebut berjalan dengan baik KUD akan terus berkembang. Selain itu taraf kehidupan masyarakat desa khususnya petani juga semakin meningkat. Jika KUD semakin berkembang maka akan memberikan dampak positif khususnya bagi sektor perekonomian sehingga pemerintah tidak perlu lagi mengimpor beras dan lebih mengutamakan produk beras lokal.
Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara pengimport beras terbesar di dunia, sebagai negara agraris seharusnya kita yang menjadi pengeksport beras bukan mengimpor beras. Pemerintah harus lebih memperhatikan sektor pertanian karena jika bisa dimanfaatkan dengan baik sektor ini dapat menjadi penyumbang devisa terbesar bagi indonesia. Oleh karena itu organisasi penggerak ekonomi seperti KUD harus dijalankan dan diawasi dengan baik. Jika pemerintah dapat mengoptimalkan KUD maka kekuatan perekonomian nasional akan semakin kokoh dan di masa mendatang indonesia akan menjadi negara yang mampu berswasembada pangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar